Ditangkap KPK, Adil Gadaikan Kantor Bupati Meranti Rp100 Miliar ke Bank Riau

TALINUSA.COM – Bangunan kantor Bupati beserta tanahnya di Kepulauan Meranti Riau dijadikan jaminan pinjaman senilai Rp100 miliar kepada Bank Riau Kepri (BRK) Syariah. Peristiwa tersebut baru dapat diketahui saat Bupati Kepulauan Meranti M Adil ditangkap oleh KPK.

Peristiwa penggadaian tanah dan bangunan Kantor Bupati Kepulauan Meranti yang dilakukan oleh M Adil itu dibenarkan oleh Plt Bupati Meranti, AKBP (Purn) Asmar. Sabtu (15/4/2023).

Mengetahui hal tersebut, Asmar akan memanggil pihak BRK untuk meminta penjelasan terkait bangunan dan tanah tersebut hingga bisa jadi jaminan.

“Menurut informasi yang saya dapatkan, memang demikian digadaikan Rp100 miliar. Sebab uang itu dalam berita tercantum Rp100 miliar,” kata Asmar.

“Iya, Kantor bupati termasuk tanah dan halaman (yang digadaikan),” beber Asmar.

Sebelumnya, Bupati Kepulauan Meranti, M Adil telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus korupsi.

Adil dituding terlibat dalam 3 kasus, yaitu kasus dugaan pemotongan anggaran, gratifikasi jasa travel umrah, serta melakukan suap kepada pemeriksa keuangan.

Dalam kasus tersebut, tersangka M Adil dijerat dengan Pasal 12 huruf f, Pasal 12 huruf a, Pasal 12 huruf b, atau Pasal 11 dari Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

(Red/*)

Komentar