Polisi Kejar Pemotor yang Memotong Iring-iringan Mobil Presiden Jokowi di Makassar

TALINUSA.COM – Jajaran Reserse Kriminal Polrestabes Makassar tengah melakukan pengejaran terhadap seorang pengendara motor yang berani menerobos dan memotong iring-iringan mobil Presiden Jokowi.

Video yang menampilkan kejadian tersebut juga viral di media sosial. Peristiwa itu terjadi di Jalan Gunung Bawakaraeng, Kota Makassar, Rabu sore (29/3/2023). Saat itu Presiden Jokowi telah melakukan kunjungan di Pasar Terong yang terletak di sekitar lokasi kejadian.

Dalam video yang beredar, seorang lelaki mengendarai sepeda motor jenis bebek memotong iring-iringan mobil Presiden yang tengah melaju. Pemotor tersebut terlihat tidak menggunakan helm dan lolos dari penjagaan aparat saat memotong jalan dan hampir menabrak mobil sedan Presiden.

“Pelaku atau pengendara sepeda motor itu dalam penyelidikan kami,” kata Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKBP Ridwan Hutagaol, Kamis (30/3/2023).

Ridwan berjanji pihaknya segera menangkap pengendara yang memotong iring-iringan presiden. Karena perbuatan pelaku dinilai dapat mengancam keselamatan Presiden.

“Dan soal pasal atau UU (Undang-Undang), dan juga ancaman penjaranya berapa tahun, nanti kita dalami dan pelajari,” lanjut Ridwan.

Setelah beredar video pengendara memotong iring-iringan Presiden, warganet kemudian membagikan foto yang dikaitkan dengan pelaku kejadian itu. Foto itu menunjukkan seorang lelaki dalam keadaan babak belur dan disebut sebagai pengendara di video viral itu.

Soal foto yang beredar, polisi menekankan bahwa itu informasi salah alias hoaks. Orang dalam foto itu tidak ada kaitannya dengan kejadian di Makassar.

“Itu hoaks, itu kejadian di daerah Jakarta sudah lama, yang ditangkap oleh dua anggota TNI. Intinya kita masih dalami dan lidik pelaku,” tegas Ridwan.

Kodam XIV/Hasanuddin yang juga dimintai keterangan tentang lolosnya pengendara di tengah iring-iringan dan pengamanan Presiden, sampai saat ini belum memberikan jawaban. Kepala Penerangan Kodam Kolonel Rio Purwantoro juga belum merespons pertanyaan yang diajukan oleh awak media.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi berada di Sulawesi Selatan selama dua hari, sejak Rabu. Kunjungan kerjanya meliputi sejumlah lokasi di tiga daerah, yaitu Makassar, Maros, dan Luwu Timur. Salah satu agenda utamanya adalah peresmian pengoperasian kereta api Makassar-Parepare lintas Maros-Barru.

(Red/*)

Komentar