Waspada Larangan Bukber Bagi ASN, Bagi yang Melanggar Diberi Sanksi

TALINUSA.COM – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Azwar Anas, menyatakan bahwa Presiden Jokowi melarang kegiatan buka puasa bersama (Bukber) Ramadhan 1444 Hijriah bagi seluruh aparatur sipil negara (ASN), dan perintah tersebut harus dipatuhi.

Menurut Anas, larangan buka bersama itu diberlakukan sebagai salah satu upaya menuju masa transisi pengendalian Covid-19 di Indonesia.

“Arahan Presiden Jokowi tersebut untuk kebaikan bersama, dan hal ini juga telah di terapkan pada Ramadhan tahun lalu. Intinya kita harus tetap berhati-hati, karena ini transisi atas penanggulangan pandemi Covid-19 menuju endemi,” ujar Anas, Kamis (23/3/2023).

Menurut Anas, perintah dari Jokowi itu harus dipatuhi oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pejabat pemerintah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Anas melanjutkan bahwa sanksi sudah menanti jika terdapat ASN yang melanggar terhadap peraturan larangan buka puasa bersama itu.

“Bila tetap ada PNS yang buka bersama di lingkungan pemerintahan nanti akan dilihat sejauh mana pelanggarannya. Apakah masuk kategori ringan, sedang, atau berat. Dan jenis hukumannya juga sudah ada, yakni mulai lisan, tertulis, dan sebagainya. Nanti inspektorat di masing-masing instansi yang akan mengkaji,” beber Anas.

Anas menegaskan, larangan buka puasa bersama itu hanya diberlakukan bagi ASN dan pejabat pemerintahan.

“Larangan itu tidak berlaku bagi masyarakat umum. Namun, masyarakat di himbau agar tetap berhati-hati dan menjaga diri karena situasi pandemi Covid-19 masih berlangsung,” kata Anas.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi melarang ASN dan pejabat pemerintahan menggelar kegiatan buka puasa bersama, pada Rabu (22/3/2023).

Adapun larangan itu tertuang pada Surat Sekretaris Kabinet Nomor 38/Seskab/DKK/03/2023 tentang arahan terkait penyelenggaraan buka puasa bersama yang telah dikonfirmasi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

(Red/*)

Komentar