Peringatan Dini BMKG, 1-6 Maret Sulsel Dilanda Cuaca Ekstrem

TALINUSA.COM – Cuaca ekstrem berpotensi terjadi di sejumlah daerah kabupaten di Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai hari ini Rabu (01/3/2023) hingga sepekan kedepan Senin (06/3/2023).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar memprediksikan bahwa khusus wilayah Makassar berpotensi hujan lebat hingga sangat lebat menerjang hari ini, Rabu (01/03).

Selain itu sejumlah kabupaten di sekitarnya yakni Kabupaten Barru, Pangkep, Maros, Gowa, Takalar, Jeneponto dan Kepulauan Selayar juga akan diguyur hujan dengan intensitas curah hujan lebat hingga sangat lebat.

Hal tersebut diakibatkan adanya pusat tekanan rendah terpantau di Australia bagian utara yang menyebabkan daerah low level jet dan konvergensi di sekitar Sulawesi Selatan sehingga beberapa kabupaten di wilayahnya akan dilanda cuaca ekstrem.

“Labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di wilayah Sulawesi Selatan,” tulis Kepala BMKG Wilayah IV Makassar, Irwan Slamet, dalam keterangan resminya, Rabu (01/3/2023).

Adapun pada Kamis (02/3/2023) besok, hujan sedang hingga lebat yang disertai angin kencang dan kilat berpotensi terjadi di wilayah Luwu Timur, Luwu Utara, Palopo, Luwu, Toraja Utara, Tana Toraja, Pinrang, Parepare, Bone, Soppeng, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Sinjai dan Selayar.

Sedangkan pada Jumat (03/3/2023) hingga Senin (06/3/2023) potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai angin kencang dan kilat diprediksi akan terjadi di wilayah Luwu Utara, Palopo, Luwu, Toraja Utara, Enrekang, Sidrap Pinrang, Parepare, Soppeng, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa dan Takalar.

“Angin kencang juga berpotensi terjadi di pesisir barat dan selatan wilayah Sulsel pada Kamis 2 Maret. Sedangkan Jumat 3 Maret hingga Senin depan angin kencang berpotensi terjadi di pesisir selatan Sulsel,” tutup Irwan Slamet.

(Red/*)

Komentar