Ular Piton 7 Meter Telan Sapi Milik Warga di Gowa, Ular Berhasil Ditangkap

TALINUSA.COM – Ular piton berukuran panjang mencapai tujuh meter memangsa seekor sapi berusia satu tahun milik warga Dusun Panyangkalang, Desa Belabori, Kecamatan Parangloe, Gowa, Sulawesi Selatan.

Ular piton tersebut berhasil ditangkap warga dengan kondisi perut membesar setelah menelan sapi.

Warga setempat, Hamka Daeng Ngitung, mengatakan bahwa ular tersebut tidak sengaja ditemukan saat warga melakukan pengukuran lahan di kawasan hutan.

“Pada saat itu mereka melakukan pengukuran bersama pihak pertanahan dalam rangka pemetaan lahan warga,” kata Hamka, Minggu (19/2/2023) kemarin.

Awalnya, warga bernama Erka melihat ular piton tersebut tapi tidak berani menangkap lantaran tidak memiliki persenjataan.

Erka kembali ke pemukiman dan memberitahu warga setempat bahwa ada ular ditemukan berukuran sekitar tujuh meter.

“Ular itu ditemukan di atas gunung, dalam hutan. Pak Erka melapor dan bersama warga setempat berhasil menangkap ular tersebut yang telah memangsa sapi umur 1 tahun” ujar Hamka.

Setelah ditelusuri, sapi tersebut merupakan milik salah satu warga yang juga tokoh masyarakat bernama milik Mustari Daeng Buang.

Menurut Hamka, warga kerap diresahkan lantaran sapi milik warga sering hilang. Dan ternyata sapi milik warga yang hilang itu dimangsa oleh ular piton.

Video amatir yang merekam detik-detik penangkapan ular piton tersebut heboh di media sosial.

Setelah ular piton berhasil ditangkap, warga kemudian membelah perut ular itu menggunakan parang. Hasilnya warga menemukan seekaor sapi di dalam perut ular tersebut.

Insiden ini terjadi pada Sabtu (18/2/2023) kemarin. Diketahui, warga kerap melepasliarkan sapinya di hutan, di atas gunung di Dusun Panyangkalang, Desa Belabori, Kecamatan Parangloe, Gowa.

Upaya penangkapan ular piton ini pun sempat terkendala karena ular tersebut bersembunyi di semak belukar.

(Red/*)

Komentar