Kabar Wiranto Bergabung ke PAN, Ketua Dewan Pakar: Tunggu Pengumuman Ketum

TALINUSA.COM – Partai Amanat Nasional (PAN) memberikan tanggapannya terkait kabar bergabungnya Jenderal TNI (Purn) Wiranto, mantan Ketua Umum DPP Partai Hanura dan eks Menko Polhukam, diketahui akan menjadi kader baru di partai tersebut.

Dalam pernyataannya, Ketua Dewan Pakar DPP PAN, Drajad Wibowo, menyatakan bahwa pihaknya tidak dapat membenarkan atau membantah kabar mengenai mantan Menko Polhukam Wiranto yang akan bergabung dengan PAN. Ia hanya menegaskan bahwa akan banyak figur lain yang bergabung dengan partai tersebut.

“Saya tidak bisa mengiyakan, tapi juga tidak membantah kabar yang beredar. InsyaAllah memang semakin banyak figur publik yang bergabung dengan PAN,” kata Drajad, kepada wartawan, Jumat (17/2/2023).

Drajad Wibowo meminta semua pihak untuk menunggu pengumuman resmi dari Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan, terkait kepastian apakah Wiranto akan bergabung dengan partai tersebut atau tidak.

“Tentang kepastiannya, tunggu pengumuman Ketum Bang Zulhas ya,” tuturnya.

Lebih lanjut, Drajad mengatakan, memang Zulkifli Hasan akan menyampaikan sejumlah pengumuman penting terkait partai pada 26 Februari 2023 mendatang.

“Kemungkinan nanti di Semarang tanggal 26 bang Zulhas akan menyampaikan beberapa pengumuman, termasuk bergabungnya figur publik ke PAN,” pungkasnya.

Sebelumnya, Politikus Partai Hanura Inas Nasrullah Zubir mengungkapkan, eks Ketua Umum Partai Hanura Wiranto akan bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN). Menurutnya, keputusan Wiranto memilih PAN akan dihormati.

“Bergabungnya Pak Wiranto ke Partai Amanat Nasional adalah pilihan dan keputusan yang harus dihormati oleh siapa pun, karena konstitusi kita mengatur hak-hak warga negara Indonesia dalam menentukan pilihan politiknya,” kata Inas kepada wartawan, Kamis (16/2/2023).

Menurutnya, Wiranto bukan saja tokoh politik, melainkan juga negarawan yang sangat luas pengalamannya di Pemerintahan Indonesia sejak rezim Orde Baru. Terlebih kekinian, ia menjabat Ketua Dewan Pertimbangan Presiden.

“Merupakan keberuntungan luar biasa bagi PAN ketika pak Wiranto melego jangkanya untuk berlabuh di partai besutan Zulkifli Hasan tersebut, karena akan menambah kekuatan politik Partai Amanat Nasional,” tuturnya.

Lebih lanjut, sebagai kader partai yang pernah dibesarkan Wiranto, Inas mengaku, akan merasa kehilangan tokoh besar yang telah berjasa mendirikan partai Hanura.

“Tentu akan merasa kehilangan tokoh besar yang telah berjasa mendirikan partai Hanura dan pernah melahirkan anggota-anggota dewan dari mulai tingkat kabupaten/kota, provinsi dan pusat, jika tidak, mungkin saya sendiri tidak pernah duduk di parlemen pada periode lalu,” katanya.

Untuk diketahui, sebelumnya Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi menyampaikan, PAN akan kedatangan kader baru, yakni mantan ketua umum partai politik.

Namun, ia masih menutup identitas figur tersebut dan merahasiakan pengumuman figur tersebut akan bergabung.

“Sebentar lagi ada kejutan. Ada mantan ketum parpol yang akan bergabung dengan PAN. Sebentar lagi akan ada pengumuman resmi yang diumumkan ketum, ada mantan ketum parpol yang dulu pernah ada di DPR dan akan gabung ke PAN. Tunggu tanggal mainnya,” katanya.

(Red/*)

Komentar