Wujudkan Desa Mandiri, 34 Kepala Desa di Gowa Terima Penghargaan

GOWA, TALINUSA.COM – Mengawali tahun 2023, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menyerahkan piagam penghargaan dan lencana kepada 34 kepala desa.

Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dari Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia atas upaya kepala desa mewujudkan daerahnya menjadi desa maju dan desa mandiri.

Penyerahan ini berlangsung saat pelaksanaan Upacara Bendera yang berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Senin (2/1/2023).

Adnan mengatakan, piagam penghargaan kepada 34 desa merupakan tersebut merupakan apresiasi atas komitmen dan kerja keras para jajaran di pemerintahan desa dalam mewujudkan Desa Mandiri.

“Tercatat pada tahun 2022, jumlah Desa Mandiri di Kabupaten Gowa meningkat dari 12 desa menjadi 34 desa jika dibandingkan ditahun 2021”, kata Adnan.

Selain itu di tahun ini juga jumlah status Desa Maju meningkat dari 50 desa di 2021 menjadi 64 desa di 2022.

Adnan lanjut menambahkan, bahwa dari 121 desa yang ada di Kabupaten Gowa, 34 telah mencapai Desa Mandiri, 64 desa mencapai Desa Maju, dan 23 desa lainnya berada dalam status desa berkembang.

“Status kemandirian dan kemajuan desa ini harus terus ditingkatkan agar seluruh desa yang ada di Kabupaten Gowa dapat meningkat statusnya, dari Desa Berkembang menjadi Desa Maju dan dari Desa Maju meningkat manjadi Desa Mandiri”, pungkasnya.

Bupati Adnan juga menyampaikan, bahwa komunikasi dan koordinasi harus terjalin dengan baik dalam melakukan perencanaan, agar seluruh desa yang ada di Kabupaten Gowa dapat meningkat statusnya.

“Apabila statusnya meningkat maka ini juga berkolerasi bahwa kinerja penyelenggaraan pemerintahan desa yang ada di Kabupaten Gowa berjalan dengan baik sesuai dengan koridor yang ada”, katanya.

Adnan juga mengaku bangga karena khusus untuk penyelenggaraan pemerintahan desa, Kabupaten Gowa selalu menjadi percontohan nasional.

Adnan menjelaskan bahwa, pada 2016 yang lalu, saat dilaunching Sistem Keuangan Desa (Siskeudes), Kabupaten Gowa masuk 14 kabupaten/kota di Indonesia sebagai percontohan, dan pada Tahun 2022 Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI melaunching 10 Desa Antikorupsi sebagai desa percontohan di Indonesia dan dari 10 kabupaten yang menjadi percontohan, dan Kabupaten Gowa menjadi salah satunya.

“Pertahankan kinerjanya, Insya Allah kita makin kompak dalam bingkai kebersamaan sehingga kita semakin baik dalam bekerja yang akan berkolerasi dengan kemajuan Kabupaten Gowa yang baik di masa yang akan datang”, tutup Adnan.

(Red/*)

Komentar