Pasukan Brimob Bone Amankan Pelantikan 54 Kades Baru di Sinjai

Sinjai, TALINUSA.COM – Pemerintah Kabupaten Sinjai melantik sejumlah 54 orang Kepala Desa yang terpilih dari pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang sebelumnya telah dilaksanakan pada 8 kecamatan se-Kabupaten Sinjai. Pelantikan digelar pada Rabu (25/5/2022).

Pengamanan pilkades tersebut dilakukan selama tiga hari, dimulai pada tanggal 25 sampai 28 Mei 2022. Untuk mengamankan proses pelantikan ini, pihak Polres Sinjai meminta bantuan pengamanan sejumlah satu SSK (Satuan Setingkat Kompi) dari personel Batalyon C Pelopor Satuan Brimob Polda Sulsel.

Permintaan pengamanan ini dibenarkan oleh Komandan Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Kompol Nur Ichsan S.Sos, yang dikonfirmasi melalui telepon.

Kompol Nur Ichsan mengatakan bahwa ada sejumlah satu SSK personel Brimob Bone yang dipimpin oleh AKP Syafiruddin, yang telah berangkat ke Kabupaten Sinjai pada Rabu pagi (25/5).

“Keberangkatan anggota kami berdasarkan atas permintaan bantuan pengamanan pelantikan kepala desa dari Polres Sinja” kata Kompol Nur Ichsan.

Mantan Wakaden Gegana Satbrimob Polda Sulsel ini juga menyampaikan bahwa satu SSK pasukan Brimob Bone ini berangkat dengan persiapan lengkap kekuatan Penanggulangan Huru Hara (PHH).

“Sesuai atas permintaan wilayah, kami mengerahkan personel dengan kekuatan PHH dan anti anarki lengkap, namun kami telah menyampaikan kepada Komandan Kompi (Danki) agar tetap menjaga sikap humanis dan juga tindakan tegas yang terukur jika terjadi chaos” pungkasnya.

Setelah melakukan apel gelar pasukan, kemudian seluruh personel pengamanan ini langsung diberangkatkan ke lokasi pelantikan kepala desa yang tersebar dibeberapa wilayah di Kabupaten Sinjai.

“Berdasarkan data yang telah kami terima, terdapat tiga lokasi pelantikan kepala desa di Sinjai yang dijaga ketat oleh personel kami, diantaranya adalah Kecamatan Tellulimpoe, Sinjai Borong dan Sinjai Selatan. Dan Alhamdulillah, untuk pelantikan Kades di Kecamatan Tellulimpoe berjalan dengan aman” kata Kompol Nur Ichsan.

Sampai saat ini proses pelantikan kepala desa terpilih di Kabupaten Sinjai masih berada dalam status aman dan kondusif, dan Masih ada lima kecamatan lagi yang rencananya akan melaksanakan pelantikan kepala desa selama tiga hari ke depan nya.

“Kami sangat berharap agar situasi yang kondusif ini tetap terjaga dan bertahan sampai pada hari terakhir pelaksanaan pelantikan” kata Kompol Nur Ichsan.

(Red/*)

Komentar