oleh

Telkomsel Luncurkan 5G, Berikut Harga Paket Datanya

Jakarta, TALINUSA.COM – Telkomsel secara resmi merilis jaringan 5G, yaitu sebuah inovasi dari jaringan sebelumnya yang hanya memiliki kecepatan jaringan maksimal 4G.

Dalam penjelasannya, Setyanto Hantoro selaku Direktur Utama Telkomsel mengatakan bahwa untuk jaringan 2G 3G dan 4G masih akan tetap dijaga jika masyarakat masih membutuhkan.

“Kami tetap menjaga jaringan sebelumnya, meskipun kami harus berinovasi untuk memberikan layanan teknologi yang lebih baik dan efisien” Kata Setyanto, kamis (27/5/2021).

Sementara itu untuk jaringan 4G, Telkomsel masih berinvestasi di jaringan tersebut meskipun saat ini telah melakukan investasi di generasi ke 5, “Dengan berinvestasi di generasi 5G, bukan berarti kami harus menghentikan 4G” tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Menteri Kominfo, Johnny Plate menyampaikan bahwa jika operator lain ingin menggunakan 5G maka mereka harus melakukan pengujian terlebih dahulu.

Menteri Kominfo berharap agar operator seluler lain juga dapat memulai seperti yang dilakukan telkomsel, “Saya berharap operator seluler lain dapat memulai, karena untuk saat ini yang sungguh-sungguh memulai hanya telkomsel” kata Johnny.

Saat ini telkomsel untuk sementara melakukan uji coba di wilayah terbatas, seperti di Jabodetabek saja yang diantaranya meliputi wilayah Kelapa Gading, Alam Sutera, BSD, Widya Chandra, PIK dan Pondok Indah.

Namun rencananya, jaringan 5G Telkomsel ini juga akan diluncurkan di Kota lain seperti Medan, Batam, Balikpapan, Makassar, Bandung, Solo dan Surabaya.

Mengenai harga paket data, jaringan orbit 5G ini di banderol dengan harga Rp260 ribu untuk kuota internet 126GB, namun karena Telkomsel masih melakukan promo dalam rangka peluncuran awal maka harga sekarang masih diangka Rp26 ribu saja untuk 126GB.

Rencananya, harga promo Rp26 ribu untuk 126GB ini berlaku hingga tanggal 26 juli 2021, yang didapatkan melalui Undangan bagi para pelanggan yang telah menggunakan jaringan Telkomsel selama 10 sampai 26 tahun berdasarkan lokasi pelanggan yang masuk dalam area 5G tahap awal.

Mengenai uji kecepatan jaringan 5G, tim Talinusa.com mengujinya di Telkom hub Jakarta dan mendapatkan hasil untuk download sebesar 121 Mbps dan untuk upload sebesar 46,4 Mbps.

Namun berbeda ketika menguji jaringan 4G di tempat yang sama, didapati untuk download hanya 21 Mbps dan upload hanya secepat 6,89 Mbps.

Hal ini juga disampaikan oleh Director of Network Telkomsel, Nugroho yang juga hadir saat peluncuran. Dia mengatakan bahwa kecepatan 5G lebih besar 100 kali dibanding dengan 4G, “5G mendukung kecepatan data 100 kali lipat dari 4G, bahkan mampu hingga 20 Gbps” kata Nugroho.

(Srch)

Komentar

News Feed