Jalur Kereta Ibu Kota Baru RI di Kalimantan Timur, Ini Rencana Rutenya

Jakarta, TALINUSA.COM – Tahap Pembangunan Ibu Kota baru di Kalimantan Timur sementara berjalan, rencana di Ibu Kota Negara (IKN) baru ini akan di lengkapi dengan fasilitas kereta api cerdas untuk jalur kereta di Ibu Kota Baru RI ini.

Dengan adanya kereta api di Ibu Kota Baru ini diharapkan dapat mendukung konektivitas melalui moda transportasi modern dalam hal menunjang wilayah pusat pemerintahan indonesia di masa depan.

Saat di konfirmasi, Zulkifli selaku Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan mengatakan, bahwa ada terdapat tiga koridor yang nantinya akan beroperasi di Ibu Kota Negara (IKN) Baru.

Koridor pertama, rute Bandara Sepinggan – Kawasan Industri Pemerintah Pusat (KIPP). Rute dengan jarak 74 kilometer ini kereta api rencana mengangkut 1,62 juta orang pertahun atau sekitar 5000 orang perhari.

Koridor kedua, yaitu rute kota balikpapan dan sekitarnya. Rute dengan jarak sekitar 140 kilometer ini di prediksi akan mengangkut 432 ribu orang pertahun.

Dan koridor ketiga, yaitu koridor yang di khususkan untuk rute wilayah Samarinda – Balikpapan yang merupakan koridor trans kalimantan railway.

Zulkifli menjelaskan, untuk masing-masing koridor memiliki jarak tempuh yang berbeda beda sesuai dengan rute jalur kereta di ibu kota baru RI, “Koridor Bandara Sepinggan – KIPP akan di tempuh dengan waktu 50 menit, untuk koridor antar kota atau koridor penumpang di tempuh selama 120 menit, sementara untuk koridor barang akan ditempuh dengan jarak waktu 180 menit” jelas Zulkifli saat melangsungkan webinar balitbang perhubungan, selasa (25/5/2021).

Zulkifli menambahkan, bahwa dari analisis yang dilakukan oleh kementerian, rencana yang akan di prioritaskan adalah rute Bandara Sepinggan – KIPP, kemudian menyusul rute Regional.

“Tiga koridor ini sudah di desain dan di rencanakan dari dulu, dan semuanya ini sudah disiapkan dari sekarang” terang Zulkifli.

(Srch)

Komentar